Pengertian xyz

Temukan Semua Pengertian Disini

Tuesday, June 16, 2015

Analisis Website E-Commerce Lazada.co.id

loading...
Lazada Indonesia yang merupakan bagian dari Lazada South East Asia ( Lazada SEA ) beranggotakan Indonesia, Thailand, Vietnam, dan Philipina. Lazada SEA sendiri merupakan bagian dari raksasa inkubator e-Commerce asal Jerman Rocket Internet Gmbh.
Rocket Internet mempunyai venture yang tersebar dibanyak benua, seperti Amerika, Asia dan Afrika.
Lazada.co.id merupakan salah satu perusahaan e-Commerce yang tercatat paling cepat perkembangannya di Indonesia dalam kurun waktu satu tahun. Ini membuktikan bahwa kebutuhan dalam berbelanja secara praktis, mudah dan dapat dilakukan dimana saja masih menjadi pilihan bagi masyrakat Indonesia.

Dengan menerapkan konsep seperti Amazon, online shop yang berpusat di Dubai, Uni Emirate Arab ini Menawarkan 8 kategori produk yang berbeda meliputi :
  • Elektonik-komputer,
  • Perlengkapan & peralatan rumah tangga,
  • Perlengkapan anak,
  • Produk kesehatan & kecantikan
  • Perlengkapan travelling
  • Perhiasan & jam tangan
  • Perlengkapan olahraga.

Berbeda dengan Zalora Indonesia yang lebih berfokus dalam memenuhi kebutuhan fashion, Lazada Indonesia menawarkan berbagai macam jenis produk yang berbeda dimulai dari alat tulis, smartphone, komputer, hingga blender ataupun vacuum cleaner.




USER INTERFACE

Tampilan lazada.co.id terbilang familiar dan mirip dengan website marketplace pada umumnya di Indonesia.
Halaman depan pada lazada.co.id menampilkan promo dan produk, ketika pelanggan mengunjungi website lazada.co.id akan langsung dihadapkan pada promo – promo menarik yang sedang berlangsung, ketika kursor di scroll ke bawah maka akan muncul tampilan berbagai produk menarik yang tersusun dalam masing – masing kategori. Yang menarik pada halaman depan lazada.co.id adalah penempatan produk yang berada di dalam sebuah layout, setiap layout memiliki kategori masing - masing yang  berisi sub kategori yang berada di samping kiri dan highlight produk di sebelah kanan.
Pada halaman kategori produk lazada.co.id menampilkan seluruh seri produk, setiap produk pada halaman ini menampilkan gambar produk, nama produk, harga, serta diskon. Pelanggan juga bisa membeli poduk pada halaman ini langsung tanpa melihat lebih detail terlebih dahulu dengan mengklik “Beli Sekarang” yang ada pada bagian bawah produk tersebut.
Halaman lengkap atau detail page produk yang ada pada lazada.co.id sangat user friendly dengan menampilkan gambar produk, detail produk, pilihan produk, dan spesifikasi produk. Bagian bawah dari halaman ini terdapat rekomendasi produk, tetapi menurut saya rekomendasi produk yang ada di halaman ini kurang interaktif, karena tidak berkaitan dengan produk yang ada pada halaman tersebut.
Header pada lazada.co.id sangat familiar dengan sebagian marketplace di Indonesia. Terdapat dua header yang ada pada lazada.co.id, navigation header, dan main header. Navigation header terdapat menu customer care, status order, login, dan daftar. Sedangkan pada main header terdapat logo lazada di sebelah kanan, kotak pencarian di tengah, dan keranjang belanja di sebelah kiri. Jika sedang berada pada halaman detail produk, main header ini terdapat menu dropdown yang berfungsi sebagai akses cepat untuk menuju ke berbagai kategori, di sebelah kiri menu dropdown juga terdapat breadcrumb atau navigasi menu.
Pada bagian footer lazada.co.id menampilkan menu yang memuat seluruh informasi perusahaan, dan layanan pelanggan yang diberikan.
Kekurangan pada sisi interface lazada.co.id yaitu template websitenya kurang responsif, sehingga ketika pelanggan dengan menggunakan pc yang memiliki ukuran monitor kurang dari 14 inch hanya dapat melihat website pada sisi kiri saja.

PROSES BISNIS

langkah-langkah dalam penjualan online yang dilakukan oleh lazada.co.id :
  1. Pembeli diharuskan untuk menggunakan internet untuk mengakses ke web lazada.co.id
2.       Pembeli memilih/mengklik produk yang diinginkan sesuai dengan daftar produk yang telah disediakan oleh lazada.co.idbeserta dengan harganya dan potongan pembelian.
  1. Pembeli akan disuguhkan dengan informasi-informasi tentang produk yang dipilih tersebut yaitu tentang spesifikasi produk/konten produk dan ulasan produk yang berisi tentang komentar dan penilaian pemakai lainnya.
  2. Selain itu juga disediakan informasi tentang jangka waktu pengiriman yang berbeda di setiap provinsinya dan ketersediaan stok produk tersebut.
  3. Jika dipastikan stok produk tersedia dan sesuai dengan keinginan pembeli maka pembeli cukup mengklik tombol “Beli Sekarang” lalu klik. Jika produk tidak sesuai dengan keinginannya maka dapat mengklik tombol “tutup dan lanjutkan belanja”.
  4. Langkah selanjutnya adalah pembeli diharuskan mengisi formulir pembelian. Pembeli tetap memilih pilihan “pembeli tetap” dengan mengisi data email dan kata sandi yang sudah terdaftar dan pembeli yang masih baru dan belum pernah melakukan transaksi di lazada harus menginputkan alamat email pembeli  untuk konfirmasi tentang pembelian.
  5. Setelah akun email selesai dimasukan/didaftarkan maka langkah selanjutnya yaitu akan secara otomatis masuk ke halaman Informasi Pengiriman, di mana pembeli diminta untuk mengisi alamat pengiriman yang diinginkan, nomor handphone, provinsi, kota, kecamatan. Bagi alamat yang dikenakan ongkos kirim, maka di samping kolom kecamatan akan muncul informasi “Dikenakan ongkos kirim”, sekaligus tertera biaya “Ongkos Kirim”.  Untuk melanjutkan prosesnya, pembeli mengklik tombol “Lanjutkan”.
  6. Selanjutnya pembeli memilih metode yang pembayaran yang diinginkan. Ada 3 metode yang disediakan lazada.co.id yaitu bayar di tempat, kartu kredit, dan bank transfer. Metode pembayaran “Bayar di tempat” mengharuskan pembeli berada di wilayah yang sudah tercover oleh lazada.co.id. Metode pembayaran “kartu kredit” mengharuskan pembeli untuk mengisi informasi tentang kartu kredit yang diperlukan. Metode pengiriman “bank transfer” mengharuskan pembeli untuk mentransfer harga produk ke bank yang disediakan oleh penjual. Membeli dengan metode bank transfer mengharuskan pembeli untuk mengkomfirmasikan pengiriman uang dengan menu di home lazada “konfirmasi pembayaran”.
  7. Setelah dipilih metode pembayaran dan mengisi data yang diperlukan maka lazada.co.id akan memberikan kode pemesanan/ nomor order dan jumlah yang harus dibayarkan.

Lazada.co.id memberikan pelayanan yang cukup baik untuk pelangganya dengan kemudahan - kemudahan yang diberikan, dan inilah pelayanan yang diberikan :
1.       Bayar di tempat
Memungkinkan pelanggan untuk memesan secara online dan membayar langsung secara tunai ketika barang sudah sampai.
2.       Gratis biaya pengiriman
Pengiriman gratis untuk wilayah JABODETABEK dan untuk diluar itu Lazada akan menanggung 20% biaya pengiriman untuk pesanan diatas Rp90.000.
3.       Jaminan perlindungan pembeli
Segala pembelian yang dilakukan di Lazada memiliki jaminan produk asli, baru, dan bebas dari kecacatan. Lazada akan menukar atau mengembalikan dana dalam waktu 14 hari untuk produk yang dijual oleh Lazada dan sebagian besar produk yang dijual oleh trusted seller lazada.
4.       Hanya penjual terpercaya
Lazada berkomitmen untuk memastikan pelanggan berbelanja dengan aman. Semua seller yang terdaftar di Lazada telah melewati proses pemilihanan yang seksama. Namun belakangan ini saya lihat banyak laporan negatif tentang produk di Lazada, entah itu barang palsu maupun barang bekas. Kebanyakan laporan tersebut dari pelanggan yang membeli produk pada seller Lazada bukan dari produk Lazada.
5.       Customer service
Pelanggan dapat dengan mudah menghubungi customer service untuk menanyakan perihal produk terkait.


KEAMANAN

Lazada.co.id menjamin keamanan pelanggan dalam melakukan transaksi melalui website yang digunakan pada halaman checkout dan setelah login. Enskripsi yang digunakan adalah High-Grade encryption ( TLS_ECDHE_RSA_WITH_RC4_128_SHA, 128 bit keys), dengan begitu semua data informasi pelanggan akan dienkripsi dan terjamin keamananya.


loading...

Berlangganan via email

 
Back To Top