loading...
Lazada Indonesia yang merupakan bagian dari Lazada
South East Asia ( Lazada SEA ) beranggotakan Indonesia, Thailand, Vietnam, dan
Philipina. Lazada SEA sendiri merupakan bagian dari raksasa inkubator
e-Commerce asal Jerman Rocket Internet Gmbh.
Rocket Internet mempunyai venture yang tersebar
dibanyak benua, seperti Amerika, Asia dan Afrika.
Lazada.co.id merupakan salah satu perusahaan
e-Commerce yang tercatat paling cepat perkembangannya di Indonesia dalam kurun
waktu satu tahun. Ini membuktikan bahwa kebutuhan dalam berbelanja secara
praktis, mudah dan dapat dilakukan dimana saja masih menjadi pilihan bagi
masyrakat Indonesia.
Dengan menerapkan konsep seperti Amazon, online shop
yang berpusat di Dubai, Uni Emirate Arab ini Menawarkan 8 kategori produk yang
berbeda meliputi :
- Elektonik-komputer,
- Perlengkapan & peralatan rumah tangga,
- Perlengkapan anak,
- Produk kesehatan & kecantikan
- Perlengkapan travelling
- Perhiasan & jam tangan
- Perlengkapan olahraga.
Berbeda dengan Zalora Indonesia yang lebih berfokus dalam
memenuhi kebutuhan fashion, Lazada Indonesia menawarkan berbagai macam jenis
produk yang berbeda dimulai dari alat tulis, smartphone, komputer, hingga
blender ataupun vacuum cleaner.
USER INTERFACE
Tampilan
lazada.co.id terbilang familiar dan mirip dengan website marketplace pada
umumnya di Indonesia.
Halaman depan
pada lazada.co.id menampilkan promo dan produk, ketika pelanggan mengunjungi
website lazada.co.id akan langsung dihadapkan pada promo – promo menarik yang
sedang berlangsung, ketika kursor di scroll ke bawah maka akan muncul tampilan
berbagai produk menarik yang tersusun dalam masing – masing kategori. Yang
menarik pada halaman depan lazada.co.id adalah penempatan produk yang berada di
dalam sebuah layout, setiap layout memiliki kategori masing - masing yang berisi sub kategori yang berada di samping
kiri dan highlight produk di sebelah kanan.
Pada halaman
kategori produk lazada.co.id menampilkan seluruh seri produk, setiap produk
pada halaman ini menampilkan gambar produk, nama produk, harga, serta diskon.
Pelanggan juga bisa membeli poduk pada halaman ini langsung tanpa melihat lebih
detail terlebih dahulu dengan mengklik “Beli Sekarang” yang ada pada bagian
bawah produk tersebut.
Halaman lengkap
atau detail page produk yang ada pada lazada.co.id sangat user friendly dengan
menampilkan gambar produk, detail produk, pilihan produk, dan spesifikasi
produk. Bagian bawah dari halaman ini terdapat rekomendasi produk, tetapi
menurut saya rekomendasi produk yang ada di halaman ini kurang interaktif,
karena tidak berkaitan dengan produk yang ada pada halaman tersebut.
Header pada
lazada.co.id sangat familiar dengan sebagian marketplace di Indonesia. Terdapat
dua header yang ada pada lazada.co.id, navigation header, dan main header.
Navigation header terdapat menu customer care, status order, login, dan daftar.
Sedangkan pada main header terdapat logo lazada di sebelah kanan, kotak
pencarian di tengah, dan keranjang belanja di sebelah kiri. Jika sedang berada
pada halaman detail produk, main header ini terdapat menu dropdown yang
berfungsi sebagai akses cepat untuk menuju ke berbagai kategori, di sebelah
kiri menu dropdown juga terdapat breadcrumb atau navigasi menu.
Pada bagian
footer lazada.co.id menampilkan menu yang memuat seluruh informasi perusahaan,
dan layanan pelanggan yang diberikan.
Kekurangan pada
sisi interface lazada.co.id yaitu template websitenya kurang responsif,
sehingga ketika pelanggan dengan menggunakan pc yang memiliki ukuran monitor
kurang dari 14 inch hanya dapat melihat website pada sisi kiri saja.
PROSES BISNIS
langkah-langkah dalam penjualan online yang dilakukan oleh lazada.co.id :
- Pembeli
diharuskan untuk menggunakan internet untuk mengakses ke web lazada.co.id
2.
Pembeli
memilih/mengklik produk yang diinginkan sesuai dengan daftar produk yang telah
disediakan oleh lazada.co.idbeserta dengan harganya dan
potongan pembelian.
- Pembeli
akan disuguhkan dengan informasi-informasi tentang produk yang dipilih
tersebut yaitu tentang spesifikasi produk/konten produk dan ulasan produk
yang berisi tentang komentar dan penilaian pemakai lainnya.
- Selain
itu juga disediakan informasi tentang jangka waktu pengiriman yang berbeda
di setiap provinsinya dan ketersediaan stok produk tersebut.
- Jika
dipastikan stok produk tersedia dan sesuai dengan keinginan pembeli maka
pembeli cukup mengklik tombol “Beli Sekarang” lalu klik. Jika produk tidak
sesuai dengan keinginannya maka dapat mengklik tombol “tutup dan lanjutkan
belanja”.
- Langkah
selanjutnya adalah pembeli diharuskan mengisi formulir pembelian. Pembeli
tetap memilih pilihan “pembeli tetap” dengan mengisi data email dan kata
sandi yang sudah terdaftar dan pembeli yang masih baru dan belum pernah
melakukan transaksi di lazada harus menginputkan alamat email
pembeli untuk konfirmasi tentang pembelian.
- Setelah
akun email selesai dimasukan/didaftarkan maka langkah selanjutnya yaitu
akan secara otomatis masuk ke halaman Informasi Pengiriman, di mana
pembeli diminta untuk mengisi alamat pengiriman yang diinginkan, nomor
handphone, provinsi, kota, kecamatan. Bagi alamat yang dikenakan ongkos
kirim, maka di samping kolom kecamatan akan muncul informasi “Dikenakan
ongkos kirim”, sekaligus tertera biaya “Ongkos Kirim”. Untuk
melanjutkan prosesnya, pembeli mengklik tombol “Lanjutkan”.
- Selanjutnya
pembeli memilih metode yang pembayaran yang diinginkan. Ada 3 metode yang
disediakan lazada.co.id yaitu bayar di
tempat, kartu kredit, dan bank transfer. Metode pembayaran “Bayar di
tempat” mengharuskan pembeli berada di wilayah yang sudah tercover
oleh lazada.co.id. Metode pembayaran “kartu kredit”
mengharuskan pembeli untuk mengisi informasi tentang kartu kredit yang
diperlukan. Metode pengiriman “bank transfer” mengharuskan pembeli untuk
mentransfer harga produk ke bank yang disediakan oleh penjual. Membeli
dengan metode bank transfer mengharuskan pembeli untuk mengkomfirmasikan
pengiriman uang dengan menu di home lazada “konfirmasi pembayaran”.
- Setelah
dipilih metode pembayaran dan mengisi data yang diperlukan maka lazada.co.id akan memberikan kode pemesanan/
nomor order dan jumlah yang harus dibayarkan.
Lazada.co.id
memberikan pelayanan yang cukup baik untuk pelangganya dengan kemudahan -
kemudahan yang diberikan, dan inilah pelayanan yang diberikan :
1.
Bayar
di tempat
Memungkinkan pelanggan untuk memesan secara online dan membayar langsung
secara tunai ketika barang sudah sampai.
2.
Gratis
biaya pengiriman
Pengiriman gratis untuk wilayah JABODETABEK dan untuk diluar itu Lazada
akan menanggung 20% biaya pengiriman untuk pesanan diatas Rp90.000.
3.
Jaminan
perlindungan pembeli
Segala pembelian yang dilakukan di Lazada memiliki jaminan produk asli,
baru, dan bebas dari kecacatan. Lazada akan menukar atau mengembalikan dana
dalam waktu 14 hari untuk produk yang dijual oleh Lazada dan sebagian besar
produk yang dijual oleh trusted seller lazada.
4.
Hanya
penjual terpercaya
Lazada berkomitmen untuk memastikan pelanggan berbelanja dengan aman. Semua
seller yang terdaftar di Lazada telah melewati proses pemilihanan yang seksama.
Namun belakangan ini saya lihat banyak laporan negatif tentang produk di
Lazada, entah itu barang palsu maupun barang bekas. Kebanyakan laporan tersebut
dari pelanggan yang membeli produk pada seller Lazada bukan dari produk Lazada.
5.
Customer
service
Pelanggan dapat dengan mudah menghubungi customer service untuk menanyakan
perihal produk terkait.
KEAMANAN
Lazada.co.id menjamin
keamanan pelanggan dalam melakukan transaksi melalui website yang digunakan
pada halaman checkout dan setelah login. Enskripsi yang digunakan adalah High-Grade
encryption ( TLS_ECDHE_RSA_WITH_RC4_128_SHA, 128 bit keys), dengan begitu semua data informasi pelanggan akan dienkripsi dan terjamin keamananya.
loading...