Pengertian xyz

Temukan Semua Pengertian Disini

Thursday, October 1, 2015

Pengertian Revolusi Industri Serta Faktor dan Akibatnya

loading...
Revolusi Industri

Revolusi industri adalah perubahan yang radikal dan cepat terhadap perkembangan manusia dalam menciptakan peralatan kerja untuk meningkatkan hasil industri atau produksi.
keadaan sebelum revolusi industri pada ekonomi Inggris di abad pertengahan masih mempunyai ciri negara yang belum maju. Penduduknya masih jarang dan umumnya tinggal di pedesaan dan hidup dari pertanian dan kerajinan. Perdagangan yang masih melalui barter dan produksinya hanya untuk memenuhi pesanan dalam negeri saja.
Sedangkan menurut Wikipedia Revolusi Industri adalah perubahan besar, secara cepat, dan radikal yang mempengaruhi kehidupan corak manusia sering disebut revolusi. Istilah revolusi biasanya digunakan dalam melihat perubahan politik atau sistem pemerintahan. Namun, Revolusi Industri di Inggris pada hakikatnya adalah perubahan dalam cara pembuatan barang-barang yang semula dikerjakan dengan tangan (tenaga manusia) kemudian digantikan dengan tenaga mesin. Dengan demikian, barang-barang dapat dihasilkan dalam jumlah banyak dengan waktu yang relatif singkat.


Faktor pendorong terjadinya revolusi industri antara lain :

  • Pelayaran dan perdagangan bangsa Inggris sejak abad XVI mengalami kemajuan pesat setelah jalan dagang tidak lagi melewati laut tengah, tetapi melalui samudera Atlantik, Afrika, sampai ke Asia. Selain itu hubungan antara Eropa Barat dan Amerika semakin bertambah ramai.
  • Kemajuan perdagangan menyebabkan modal kaum kapitalis bertambah besar yang dapat digunakan utuk mendirikan sebuah pabrik.
  • Banyak orang Inggris yang gemar melakukan penelitian terutama pada bidang ilmu pengetahuan alam.
Perkembangan revolusi industri didukung oleh keberhasilan Revolusi Agraria. Didukung pula oleh penemuan mesin-mesin industri, modal, tenaga kerja, dan bahan mentah. Dengan cepat Inggris berubah menjadi negara industri. Inggris menjadi negara industri karen keadaanya sangat menguntungkan yang dapat dibuktikan antara lain:
  1. Letak geografis Inggris yang strategis.
  2. Inggris menjadi sangat makmur karena perdagangan sangat menguntungkan.
  3. Masyarakat pengusaha bekerja erat dengan aristokrat dan pemerintah.
  4. Cepatnya pertumbuhan penduduk dan banyaknya tenaga kerja.

Akibat dari Revolusi Industri di Inggris antara lain :

  • Pada bidang sosial timbulnya golongan borjuis dan buruh, timbulnya urbanisasi, dan timbulnya pertentangan antara buruh dan majikan.
  • Pada bidang ekonomi timbulnya industri besar, harga barang semakin murah, dan upah buruh menjadi murah karena sebagian pekerjaan dikerjakan oleh mesin.
  • Pada bidang politik timbulnya kapitalisme modern; kapitalis yang merupakan produsen, pedagang dan distributor. Sebagai produsen maka butuh barang mentah, sebagai pedagang dan distributor pasar. Untuk itu mereka mempengaruhi negara untuk mencari negara jajahan sebagai sumber bahan baku di pasar barang industrinya. selain itu timbul juga Imperialisme modern; negara penjajah yang mencari tanah jajahan karena didorong mendapatkan untung sebanyak banyaknya, dan agar mudah memperoleh bahan baku industri dan tempat penanaman modal.



loading...

Berlangganan via email

 
Back To Top