Pengertian xyz

Temukan Semua Pengertian Disini

Monday, May 30, 2016

Pengertian Demokrasi, Ciri-ciri, Prinsip, dan Asas Pokok

loading...
Demokrasi merupakan sebuah sistem pemerintahan suatu negara yang setiap warganya memiliki hak yang setara dalam pengambilan keputusan yang dapat merubah hidup mereka.

Pengertian Demokrasi
Demokrasi


Demokrasi berasal dari bahasa yunani yaitu demokratia yang terbentuk dari dua kata yaitu demos yang artinya rakyat dan kratos yang artinya kekuasan atau pemerintahan, demokratia  dapat diartikan sebagai kekuasaan atau pemerintahan yang dijalankan oleh rakyat. Secara umum, pengertian demokrasi merupakan suatu sstem pemerintahan yang melibatkan rakyat dalam sistem pemerintahan negara. Demokrasi mengizinkan warganya untuk berpartisipasi, baik secara langsung ayau melalui perwakilan dalam perumusan, pengembangan, dan pembuata hukum. Demokrasi mencakup kondisi sosial, ekonomi, dan budaya yang memungkinkan adanya praktik kebebasan politik secara bebas dan setara.

Demokrasi mempunyai pilar yang kita kenal sebagai prinsip trias politica, dimana membagi tiga kekuasan politik negara yaitu eksekutif, yurdikatif, dan legislatif untuk diwujudkan dalam tiga jenis lembaga negara yang saling lepas atau independen dan dalam peringkat yang sejajar satu sama lain. Dalam mewujudkan ketiga jenis lembaha tersebut yang bersifat independen dan berada dalam kesejajaran satu sama lain, diharapkan agar ketiga lembaga ini dapat saling mengontrol dan mengawasi berdasarkan prinsip check and balances.

Ketiga lembaga tersebut merupakan lembaga pemerintah yang mempunyai kewenangan untuk mewujudkan dan melaksanakan kewenangan eksekutif, lembaga-lembaga pengadilan yang berwenang menyelenggarakan kekuasaan yurdikatif dan lembaga-lembaga perwakilan rakyat yang memiliki kewenangan untuk menjalankan kekuasaan legislatif. Dibawah sistem ini, keputusan legislatif dibuat oleh masyarakat atau oleh wakil yang wajib bekerja dan bertindak sesuai aspirasi masyarakat yang diwakilkan(konstituen) dan yang memilihnya harus melalui proses pemilihan umum legislatif, sesuai dengan hukum dan peraturan yang ada.

Sistem demokrasi yang dianut oleh bangsa Indonesia yaitu demokrasi pancasila, dimana sisteem demokrasi ini mementingkan keinginan, aspirasi, dan hati nurani rakyat. Pengambilan keputusan pada sistem demokrasi ini dilakukan oleh wakil majelis permusyawaratan rakyat (MPR) dengan voting atau musyawarah mufakat. Selain itu, demokrasi pancasila merupakan perwujudan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permuyawaratan perwakilan yang memiliki semangat Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Terdapat dua prinsip mengenai sistem pemerintahan negara, yaitu yang pertama adalah indonesia merupakan negara yang berdasarkan atas hukum dan tidak berdasarkan kekuasaan belaka. Dan yang kedua adalah pemerintahan berdasarkan asas sistem konstitusional dan tidk bersifat absolutisme.

Demokrasi mempunyai berbagai macam, antara lain

  1. Demokrasi Pancasila merupakan demokrasi yang berfokus pada aspirasi rakyat, kepentingan dan kekuasaan rakyat dam mempunyai jiwa yang berpaham dasar pancasila atau nilai luhur pancasila yang bersumber pada tata nilai sosial budaya.
  2. Demokrasi liberal merupakan demokrasi yang menekankan pada kebiasaan manusia untuk kepentingan manusia dan kekuasaan pemerintah dibatasi oleh undang-undang.
  3. Demokrasi totaliter merupakan demokrasi yang memiliki tujuan utama dengan menghalalkan segala cara.
  4. Demokrasi terpimin merupakan demokrasi yang mengarah pada otoriter dan kepemimpinan tunggal.
  5. Demokrasi proletar merupakan demokrasi yang mensejahterakan rakyat, segala sesuatu ditentukan dan dikuasai oleh negara serta tidak mengenal kelas sosial.
  6. Demokrasi tritular meruakan demokrasi yang berupa campuran modern dan lama.
  7. Demokrasi  formal merupakan demokrasi yang menempatkan persamaan kedudukan setiap orang dalam politik tanpa disertai adanya upaya dalam menghilangkan kesenjangan ekonomi.
  8. Demokrasi material merupakan demokrasi yang menciptakan persamaan sosial ekonomi, dimana berada di negara sosial komunis.
  9. Demokasi campuran merupakan demokrasi yang menciptakan kesejahteraan rakyat dengan menempatkan semua orang dengan hak yang sama.



Prinsip Demokrasi

Prinsip demokrasi dan prasyarat dari berdirinya negara demokrasi telah terakomodasi dalam konstitusi Negara Kesatuan Republik Indonesia. Prinsip-prinsip demokrasi, dapat ditinjau dari pendapat Almadudi yang kemudian dikenal dengan "soko guru demokrasi". Menurutnya, prinsip-prinsip demokrasi adalah:



  • Kedaulatan rakyat;
  • Pemerintahan berdasarkan persetujuan dari yang diperintah;
  • Kekuasaan mayoritas;
  • Hak-hak minoritas;
  • Jaminan hak asasi manusia;
  • Pemilihan yang bebas, adil dan jujur;
  • Persamaan di depan hukum;
  • Proses hukum yang wajar;
  • Pembatasan pemerintah secara konstitusional;
  • Pluralisme sosial, ekonomi, dan politik;
  • Nilai-nilai toleransi, pragmatisme, kerja sama, dan mufakat.



Asas Pokok Demokrasi

Gagasan pokok atau gagasan dasar suatu pemerintahan demokrasi adalah pengakuan hakikat manusia, yaitu pada dasarnya manusia mempunyai kemampuan yang sama dalam hubungan sosial. Berdasarkan gagasan dasar tersebut terdapat dua asas pokok demokrasi, yaitu:



  • Pengakuan partisipasi rakyat dalam pemerintahan, misalnya pemilihan wakil-wakil rakyat untuk lembaga perwakilan rakyat secara langsung, umum, bebas, dan rahasia serta jujur dan adil; dan
  • Pengakuan hakikat dan martabat manusia, misalnya adanya tindakan pemerintah untuk melindungi hak-hak asasi manusia demi kepentingan bersama.

Ciri-ciri pemerintahan demokratis Dalam perkembangannya, demokrasi menjadi suatu tatanan yang diterima dan dipakai oleh hampir seluruh negara di dunia. Ciri-ciri suatu pemerintahan demokrasi adalah sebagai berikut:



  • Adanya keterlibatan warga negara (rakyat) dalam pengambilan keputusan politik, baik langsung maupun tidak langsung (perwakilan).
  • Adanya pengakuan, penghargaan, dan perlindungan terhadap hak-hak asasi rakyat (warga negara).
  • Adanya persamaan hak bagi seluruh warga negara dalam segala bidang.
  • Adanya lembaga peradilan dan kekuasaan kehakiman yang independen sebagai alat penegakan hukum
  • Adanya kebebasan dan kemerdekaan bagi seluruh warga negara.
  • Adanya pers (media massa) yang bebas untuk menyampaikan informasi dan mengontrol perilaku dan kebijakan pemerintah.
  • Adanya pemilihan umum untuk memilih wakil rakyat yang duduk di lembaga perwakilan rakyat.
  • Adanya pemilihan umum yang bebas, jujur, adil untuk menentukan (memilih) pemimpin negara dan pemerintahan serta anggota lembaga perwakilan rakyat.
  • Adanya pengakuan terhadap perbedaan keragamaan (suku, agama, golongan, dan sebagainya).



Pengertian Demokrasi menurut para ahli


1. Menurut Abraham Lincoln

Demokrasi merupakan pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat (government of the people, by the people and for the people). Hal ini berarti kekuasaan tertinggi dalam sistem demokrasi ada di tangan rakyat dan rakyat mempunyai hak, kesempatan dan suara yang sama dalam mengatur kebijakan pemerintahan. Melalui demokrasi, keputusan yang diambil berdasarkan suara terbanyak.

2. Menurut Hans Kelsen

Demokrasi merupakan pemerintahan oleh rakyat dan untuk rakyat, dimana yang melaksanakan kekuasaan negara adalah wakil-wakil rakyat yang terpilih dan rakyat yakin bahwa segala kehendak dan kepentingannya akan diperhatikan di dalam melaksanakan kekuasaan negara.

3. Menurut Sidney Hook

Demokrasi merupakan bentuk pemerintahan dimana keputusan-keputusan pemerintah yang penting secara langsung ataupun tidak didasarkan pada kesepakatan mayoritas yang diberikan secara bebas dari rakyat dewasa.

4. Menurut H. Harris Soche

Demokrasi merupakan bentuk pemerintahan rakyat, karena itu kekusaan pemerintahan melekat pada diri rakyat atau orang banyak dan hak bagi rakyat atau orang banyak untuk mempertahankan, mengatur dan melindungi dirinya dari paksaan dan pemerkosaan orang lain atau badan yang diserahi untuk memerintah.

5. Menurut Ranny

Demokrasi merupakan suatu bentuk pemerintahan yang ditata dan diorganisasikan berdasarkan prinsip-prinsip kedaulatan rakyat, kesamaan politik, konsultasi atau dialog dengan rakyat dan berdasarkan pada aturan mayoritas.

6. Menurut Hannry B. Mayo

Demokrasi merupakan kebijaksanaan umum yang ditentukan atas dasar mayoritas oleh wakil-wakil yang diawasi secara efektif oleh rakyat dalam pemilihan-pemilihan yang didasarkan atas prinsip kesamaan politik dan diselenggarakan dalam suasana di mana terjadi kebebasan politik.

7. Menurut Merriam, Webster Dictionary

Demokrasi dapat diartikan sebagai pemerintahan oleh rakyat yang khususnya oleh mayoritas dan pemerintahan dimana kekuasaan tertinggi tetap dilakukan oleh rakyat baik secara langsung ataupun tidak langsung melalui sebuah sistem perwakilan yang biasanya dilakukan dengan mengadakan pemilu bebas yang diadakan secara periodik dan rakyat umum khususnya untuk mengangkat sumber otoritas politik dan tidak adanya distingsi kelas yang berdasarkan kesewenang-wenangan/keturunan.

8. Menurut C.F. Strong

Demokrasi merupakan suatu sistem pemerintahan di mana mayoritas anggota dewan dari masyarakat yang ikut serta dalam politik atas dasar sistem perwakilan yang menjamin pemerintah akhirnya mempertanggungjawabkan tindakan-tindakannya pada mayoritas tersebut.

9. Menurut Abdul Ghani Ar Rahhal


Demokrasi didefinisikan sebagai kekuasaan rakyat oleh rakyat. Rakyat merupakan sumber kekuasaan. Ia menyebutkan bahwa Plato adalah orang yang pertama kali mengungkap teori demokrasi, dimana sumber kekuasaannya merupakan keinginan yang satu bukan majemuk

10. Menurut Yusuf Al-Qordhawi

Demokrasi merupakan wadah masyarakat untuk memilih seorang untuk mengurus dan mengatur kepentingan masyarakat. Pimpinannya bukan orang yang dibenci, peraturannya bukan yang masyarakat tidak kehendaki dan masyarakat berhak meminta pertanggungjawaban penguasa apabila pemimpin tersebut salah. Masyarakat juga berhak memecatnya jika menyeleweng, mereka juga tidak boleh dibawa ke sistem ekonomi, sosial, budaya atau sistem politik yang tidak mereka kenal dan tidak sukai.

Demikianlah artikel tentang Pengertian Demokrasi yang telah disampaikan kepada para pembaca . Artikel ini telah mencakup berbagai pembahasan mengenai arti demokrasi itu sendiri, macam-macam demokrasi, ciri-ciri demokrasi, prinsip demokrasi dan Pengertian Demokrasi menurut para ahli.
loading...

Berlangganan via email

 
Back To Top