Pengertian xyz

Temukan Semua Pengertian Disini

Monday, October 5, 2015

Pengertian Kapitalisme dan Jenisnya

loading...
kapitalisme

Kapitalisme merupakan suatu bentuk dari kegiatan organisasi perekonomian dalam usaha penanaman modal atau kekayaan yang dipergunakan untuk menghasikan modal yang lebih besar sehingga semakin mendapatkan keuntungan yang lebih besar.
Negara kapitalis menggunakan logam mulia seperti emas dan perak sebagai standar kekayaan mereka, dan dalam perkembangannya juga menggunakan uang kertas. Penjelajahan dan penanaman saham pada perusahaan merupakan teknik atau jiwa dari kapitalisme.
Pada awal masa modern di Eropa merkantilisme dijadikan cara sebagai cara untuk mengatur kegiatan ekonomi kapitalisme

Jenis-Jenis Kapitalisme :

a. Kapitalisme Klasik

Kapitalisme klasik dimulai dari adanya revolusi industri di Inggris yang bertujuan untuk menunjang kemajuan industri. Kapitalisme menjadi penggerak yang kuat bagi perubahan teknologi karena akumulasi modal memungkinkan pemilik penemuan baru yang tidak mungkin dilakukan oleh masyarakat golongan bawah. Pada masa ini mulai dikenal seorang tokoh yang disebut sebagai bapak kapitalisme yaitu Adam Smith. Adam Smith dengan bukunya yang berjudul "wealth of nation (1776)", yang mencerminkan ideologi kapitalisme klasik. Salah satu ajarannya bernama "Laissez Faire" dengan invisible hand-nya. Kebijakansanaan laissez faire menakup pula perdagangan bebas, anggaran belanja yang seimbang, keuangan yang kuat, dan bantuan kemiskinan minimum.

b. Kapitalisme Modern

Ciri khas kapitalis modern adalah tinggat produksi yang tinggi dimana permintaan akan barang tersebut terus meningkat. Akibatnya adalah kecenderungan menuju peningkatan standar hidup rata-rata yang terus naik.
loading...

Berlangganan via email

 
Back To Top